Senin, 05 Desember 2011

Review Movie: The Mist


Release: 2007
Stars: Thomas Jane, Laurie Holden and Nathan Gamble
Director: Frank Darabont
Writer: Frank Darabont

Bagaimana bila Anda terjebak dalam sebuah gedung sedangkan di luar gedung dipenuhi oleh kabut yang tebal dan terdapat makhluk-makhluk ganas di dalam kabut tersebut? Apakah Anda akan mencoba keluar untuk meminta bantuan atau berdiam diri sampai bantuan yang datang menemukan Anda? Itulah kira-kira yang ditawarkan oleh sutradara yang terkenal lewat film-film adaptasi novel karya Stephen King seperti The Shawshank Redemption (1994) dan The Green Mile (1999) serta lewat seri TV The Walking Dead (2010-2012), siapa lagi kalau bukan Frank Darabont.

The Mist bercerita tentang David Drayton (Thomas Jane) seorang seniman (atau pelukis mungkin..) yang biasa membuat poster untuk film yang harus menerima kenyataan bahwa poster buatannya hancur karena tertimpa pohon yang menghancurkan kaca rumahnya ketika badai. Dia pun bersama anaknya Billy Drayton (Nathan Gamble) dan tetangganya yang seorang pengacara, Brent Norton (Andre Braugher) pergi ke sebuah supermarket untuk membeli persediaan makanan. Ketika mereka bersama pengunjung lain sedang berbelanja, tiba-tiba datang Dan Miller (Jeffrey DeMunn) sambil berlari dan hidungnya berdarah. Seiring dengan datangnya Dan, datang pula kabut yang tebal yang perlahan menutup pandangan orang-orang disana sampai mereka tak bisa melihat apapun di luar selain kabut.

Awalnya mereka itu hanya kabut biasa sehingga mereka tidak terlalu panik sampai ada seorang wanita yang memutuskan untuk keluar dari sana untuk menemui anaknya, suasana semakin tegang ketika David dan beberapa orang laki-laki yang berada di ruang generator (atau ruang penyimpanan) mengetahui bahwa di balik kabut tersebut ada monster bertentakel besar yang sudah mengambil salah seorang pegawai supermarket itu. Lalu mereka memberi tahu orang-orang yang ada disana, namun tak percaya dengan mudah hingga mereka menyaksikan sendiri monster-monster yang ternyata bukan hanya yang bertentakel saja menyerang supermarket dan korban pun berjatuhan.


Keadaan bertambah parah ketika seorang wanita yang fanatik terhadap agamanya mengaitkan kejadian yang terjadi dengan hari pembalasan dan murka Tuhan, dia pun berceramah di setiap kesempatan, para pengunjung yang asalnya tidak menghiraukannya akhirnya mulai percaya terhadap omongan wanita itu, hingga akhirnya para pengunjung menjadi terpecah dua. David dan anaknya beserta beberapa orang merasa mereka harus mencari bantuan bukan hanya menunggu bantuan dan keajaiban datang begitu saja. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk keluar dari supermarket itu dan mencari bantuan.

Ketika mereka berhasil keluar dari sana, kelompok kecil itu menjadi semakin kecil karena beberapa dimangsa oleh monster hingga akhirnya hanya menyisakan David, Billy, Amanda (Laurie Holden), Dan, serta seorang wanita tua.Dengan menaiki mobil David serta hanya berbekal sebuah pistol yang berisikan 4 buah peluru mereka menelusuri jalan untuk mencari bantuan. Di perjalanan tak jarang merka melihat monster bahkan mereka melihat seekor monster yang sangat besar melintasi mereka. Monster-monster itu sendiri ternyata berasal dari dunia lain yang masuk ke dunia ini karena sebuah proyek rahasia militer. Davis dan yang lain menelusuri sepanjang jalan sampai bensin mobilnya habis, dan mereka menjadi putus asa karena berada di tengah kabut dan juga monster-monster yang ganas. Lalu apa yang terjadi? Apakah mereka akan selamat?


Overall, The Mist memang memiliki cerita yang sudah umum tentang monster yang tiba-tiba datang ke kota, serta memiliki efek yang tak sebagus film sejenis seperti War of The Worlds, namun tentu ada faktor yang dimiliki film ini yang jarang ditemui dari film monster lain yang membuat setiap penonton yang selesai menonton film ini akan menjadikan film ini sebagai film yang paling berkesan di hati mereka. Faktor apa itu? Tonton saja sendiri deh, saya pastikan Anda tidak akan pernah menyesal menonton film ini. Really touching and dark!

Rate: 8/10


1 komentar: