Rabu, 21 Desember 2011

Review Movie: Contagion



Release: 2011
Stars: Matt Damon, Kate Winslet and Jude Law
Director: Steven Soderbergh
Writer: Scott Z. Burns

Masih ingat ketika virus H5N1 atau virus flu burung dan virus H1N1 atau virus flu babi menggemparkan dunia beberapa waktu yang lalu? Korban-korban berjatuhan, ratusan kasus ditemukan dan tak sedikit yang tewas karena virus-virus tersebut. Belum lagi dengan berbagai isu kiamat yang banyak bermunculan meskipun sampai sekarang belum ada yang terbukti benar (kalau terbukti, ga mungkin saya bisa nulis artikel ini kan?). Lalu bagaimana bila ternyata penyebab kiamat dunia ini bukan lah meteor yang menabrak permukaan bumi, atau badai matahari yang menghancurkan bumi, tapi karena sebuah virus baru yang menyebar sangat cepat dan sangat mematikan? Itulah tema yang diambil sutradara Ocean's Eleven Trilogy, Steven Soderbergh di Contagion ini.

Contagion menyajikan sajian sebuah film kiamat layaknya film-film bertema serupa seperti 2012, Doomsday, The Day After Tomorrow. Namun Contagion terasa lebih menyeramkan karena memiliki cerita yang lebih dekat dengan kehidupan kita sekarang. Virus yang di akhir film diketahui berasal dari potongan buah pisang yang telah digigit oleh kelelawar lalu digigit oleh babi, setelah itu babi disembelih dan virus yang ada di gigi babi tersebut disentuh oleh seorang koki yang menularkannya kepada Beth Emhoff yang diduga sebagai korban pertama yang selanjutnya menularkan virus tersebut kepada beberapa orang yang menyebarkannya lagi kepada orang lain. Beth baru saja pulang dari liburannya di Hong Kong, ketika sampai di rumah, sudah terlihat gejala-gejala bahwa Beth sedang sakit, setidaknya itu yang dirasakan oleh Mitch Emhoff (Matt Damon) ketika melihat istrinya pucat layaknya orang yang sakit lain.


Awalnya Mitch hanya beranggapan bahwa istrinya hanya terkena flu biasa, namun keadaan semakin parah ketika Beth terjatuh dan mengalami kejang hingga akhirnya meninggal. Tak cukup penderitaan Mitch, ketika dia pulang dari rumah sakit, ternyata anak laki-lakinya pun meninggal dengan gejala yang sama. Setelah itu ditemukan banyak kasus yang memiliki kemiripan dari gejala-gejalanya di seluruh dunia. Berbagai pihak mulai menyelidiki penyebabnya, hingga mereka menemukan bahwa Beth adalah sumber penularan virus mematikan tersebut ketika dia berada di Hong Kong. Pihak-pihak tersebut berusaha untuk membuat vaksinnya sebelum korban bertambah banyak meskipun sudah banyak yang berjatuhan.

Di lain pihak, seorang penulis sekaligur blogger Alan (Jude Law) juga ikut menyelidiki virus tersebut. Alan yang memiliki blog yang ramai dikunjungi ini mencoba untuk menenangkan masyarakat dengan menyebarkan berita palsu bahwa dirinya tertular namun dapat sembuh dengan obat dari bunga Forsythia meskipun bunga tersebut tidak dapat menyembuhkan penyakit ganas tersebut. Semakin lama, keadaan semakin parah, kota semakin kacau dengan terjadinya banyak penjarahan toko. Masyarakat semakin banyak yang tertular sementara vaksin masih belum ditemukan. Akhirnya seorang dokter yang meneliti virus tersebut membuat sebuah vaksin yang ternyata efektif mencegah virus tersebut namun hanya untuk sementara. Vaksin tersebut akhirnya diproduksi di berbagai penjuru dunia untuk mencegah semakin banyaknya korban berjatuhan karena virus mematikan itu.


Contagion memang terasa sangat menyeramkan karena virus yang belum memiliki vaksin tersebut sangat cepat mematikan korbannya dan sangat mudah tertular, dari mulai bekas pegangan tangan, nafas, bekas minum dan lain-lain yang tentu sering kita jumpai di sekitar kita. Film ini mengajari kita agar lebih menjaga kesehatan dan lingkungan. Rajin mencuci tangan adalah yang paling mudah dilakukan untuk menjaga diri dari berbagai penyakit yang mungkin ada di sekitar kita. Akting para pemainnya pun cukup memberikan kesan mencekam bahwa betapa takutnya mereka terhadap virus itu. Lihat saja sosok Mitch yang ternyata kebal dari virus itu, setelah kehilangan istri dan anak laki-lakinya, dia berusaha keras agar anak perempuannya tidak tertular. Lalu para pemeran lain yang diberikan porsi yang hampir merata oleh Soderbergh sebagai warga biasa yang ingin selamat dari wabah virus tersebut.

Overall, Contagion bisa terasa lebih mencekam dan menakutkan karena terlihat sangat real bila dibanding dengan film bertema kiamat lain. Namun durasi yang terlewat panjang sempat juga membuat saya bosan meski hanya sesaat karena berbagai adegan yang sangat dekat dengan kehidupan kita itu membuat saya khawatir juga. Contagion memang bukan yang terbaik, tapi setidaknya memberikan gambaran bahwa kematian bisa datang kepada kita dengan cara apapun dan dimanapun. Nothing spreads like fear.

Rate: 7/10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar