Kamis, 08 Desember 2011

Profil Actor: Christian Bale


Full Name: Christian Charles Philip Bale
Date of Birth: 30 January 1974 in Haverfordwest, Pembrokeshire, Wales
Filmography: Empire of The Sun (1987), American Psycho (2000), Batman Begins (2005), etc.

Siapa sih aktor dan aktris yang saat ini memiliki nama besar yang sudah mulai berakting sejak masih "bocah"? Hollywood punya aktris cantik seperti Selena Gomez (Monte Carlo) dan Dakota Fanning (War of The Worlds) serta aktor Jason Bateman (Paul). Jangan lupakan talenta di negeri sendiri sperti Adi Bing Slamet dan juga Agnes Monica yang sudah Go International. Namun ada seorang aktor asal Wales yang sudah mulai berkiprah di Hollywood sejak berusia 13 tahun sampai sekarang berusia 37 tahun, tawaran bermain fil tak pernah sepi. Ya, dia adalah Christian Charles Philip Bale atau sering dipanggil Christian Bale atau Bale.

Memulai karir sebagai artis cilik di TV movie Anastasia: The Mystery of Anna (1986), karirnya mulai menanjak setahun kemudia ketika memerankan Jim "Jamie" Graham dalam film Empire of The Sun (1987). Karirnya sebagai artis cilik hingga menjadi aktor remaja mulai diperhitungkan dan tawaran bermain film pun mulai berdatangan. berbagai judul film dia bintangi di antaranya Swing Kids (1993), Little Woman (1994) dimana dia beradu akting dengan Kirtsen Dunst (Spiderman) yang ketika itu baru berusia 12 tahun dan Wynona Rider (Black Swan).

Bale sebagai Jamie di Empire of The Sun.
Karir Bale sebagai aktor dewasa mulai disejajarkan dengan aktor seperti Leonardo DiCaprio (Titanic) dan George Clooney (Three Kings) sejak Bale memerankan sosok serial killer tampan nan eksotis Patrick Bateman di American Psycho (2000).Bagi Anda yang sudah menonton akting Bale di film ini, pasti tahu dan mengakui bahwa sosok Bateman memang memiliki segalanya, tampan, memiliki badan kekar, selallu melakukan olahraga dan perawatan diri, serta memiliki karir. Namun ternyata di balik sosok perfectionis-nya, Bateman adalah seorang psycho yang siap membantai siapapun yang menghalangi jalannya.

Setelah sukses dengan American Psycho, Bale membintangi banyak film setelahnya seperti Reign of Fire (2002) dan Equilibrium (2002) yang sejenak mengingatkan kita dengan Trilogy Matrix yang dibintangi Keanu Reeves. Pada tahun 2004, Bale membuat sebuah gebrakan dengan aktingnya memerankan sosok Trevor Reznik dalam The Machinist. Siapa yang tidak terkejut melihat sosok Bale yang tampan dan memiliki badan yang berotot berubah 180 derajat menjadi sosok seorang yang depresi dan tengah mengalami insomnia selama 1 tahun dan hanya memiliki berat 120 pounds (sekitar 54,5 kg) yang berarti dia kehilangan sekitar 63 pounds atau 27 kg. Bayangkan saja, selama sekitar 3 bulan Bale hanya mengkonsumsi kopi dan apel saja demi dietnya yang ekstrim ini.

Bale di American Psycho dan The Machinist.
Karir Bale akhirnya benar-benar diperhitungkan sejak dia berperan sebagai Patrick Bateman dan dengan diet ekstrimnya demi peran Trevor Reznik, pada tahun 2005 dunia dikejutkan kembali dengan Bale yang kembali dengan badan yang kembali berotot (meskipun tak seperti di American Psycho) lewat perannya sebagai Bruce Wayne di reboot film Batman, Batman Begins. Bayangkan saja, dalam dua tahun dia berhasil menurunkan dan mengembalikan berat dan bentuk badannya dengan sangat ekstrim. Batman Begins sendiri bercerita tentang kehidupan Bruce Wayne sebelum hingga menjadi manusia kelelawar.

Selanjutnya dia berperan dalam beberapa film seperti The New World (2005), Rescue Dawn (2006), dan The Prestige (2006). Di The Prestige, Bale beradu akting dengan Hugh Jackman (X-Men) sebagai seorang pesulap dengan segala trik yang mengagumkan itu. Setelah itu dia beberapa kali beradu akting dengan aktor-aktor berbakat Hollywood. sebut saja Russell Crowe (Gladiator) di 3:10 to Yuma (2007), Sam Worthington (Avatar) di Terminator Salvation (2009), Johnny Depp (Pirates of The Caribbean) di Public Enemies (2009) dan dengan Mark Wahlberg (The Departed) di The Fighter (2010).

Bale dan Russell crowe dalam premiere 3:10 to Yuma.
Tapi tentu aktingnya yang paling ditunggu adalah perannya sebagai manusia kelelawar di Batman Series yang akan memasuki film ketiganya tahun 2012 mendatang. Setelah sukses menghidupkan kembali sosok Bruce Wayne di Batman Begins (2005), sequelnya pun dirilis pada tahun 2008 dengan judul The Dark Knight tanpa abal-abal nama Batman. Apabila di Batman Begins belum muncul musuh-musuh bebuyutan Batman, di The Dark Knight langsung menampilkan musuh utama Batman yaitu joker yang dibintangi oleh Heath Ledger. The Dark Knight sendiri berhasil mendapatkan 2 dari 8 nominasi piala Oscar 2009.

Tahun 2012 mendatang, Film ketiga Batman akan dirilis dengan judul mirip seperti prequelnya hanya ada tambahan kata "Rises" menjadi The Dark Knight Rises. Di film ketiganya itu Batman akan berhadapan dengan musuhnya yang lain yaitu Bane yang diperankan oleh Tom Hardy (Warrior). Tak seperti di The Dark Knight yang mana Batman harus beradu strategi dengan joker, di The Dark Knight Rises ini Batman akan lebih banyak beradu otot dengan Bane. Kita lihat saja bagaimana film yang dikabarkan merupakan film terakhir Bale sebagai Batman ini dirilis 20 Juli tahun depan yang bersaing dengan 2 film superhero lain yang dirilis dalam waktu berdekatan yaitu The Avengers (4 Mei 2012) dan The Amazing Spiderman (3 Juli 2012).

Patrick Bateman yang berubah menjadi Batman.
Christian Bale, salah satu aktor berbakat Hollywood yang sangat mencintai dunia akting dan sangat mendalami perannya ini memang layak di sejajarkan dengan aktor seperti Bruce Willis (Die Hard), John Travolta (Pulp Fiction) bahkan Sylvester Stallone (Rocky). Film-filmnya selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya (termasuk saya...^^), meskipun sayang sekali perannya sebagai Batman tahun depan adalah terakhir karena dikabarkan dia memutuskan pensiun sebagai Batman. Padahal setelah The Avengers difilmkan tahun depan, ada sedikit ekspektasi kalau The Justice League juga mungkin menyusul akan difilmkan dengan sosok Superman yang diperankan Hanry Cavill (Man of Steel), Green Lantern oleh Ryan Renolds (Buried) dan tentu saja sang manusia kelelawar oleh Christian Bale. Namun apa mau dikata harapan hanyalah tinggal harapan. Namun begitu, The Flowers of War, The Dark Knight Rises, Lawless dan Knight of Cups yang merupakan film-film selanjutnya yang dibintangi Bale akan selalu dinanti dan berharap selalu lebih baik dari film sebelumnya.

Terakhir, teringat kata-kata musuh Batman di The Dark Knight, Joker,
"Why So Serious?"
Bale will be back!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar