Senin, 21 November 2011

Review Movie: Rescue Dawn


Release: 2006
Stars: Christian Bale dan Steve Zahn
Director: Werner Herzog
Writer: Werner Herzog

Rescue Dawn, film kedua tentang perang Vietnam yang saya tonton dalam satu hari setelah Full Metal Jacket, dan saya kembali kagum kepada film ini. Pada awalnya, saya tertarik menonton ini hanya karena sosok Christian Bale tanpa mengetahui apa yang dihadirkan oleh Werner Herzog dalam film ini. Kalau anda menyukai film survival seperti 127 Hours (2010), Into The Wild (2007) atau Cast Away (2000), anda pasti akan menyukai film ini, meskipun ada perbedaan Rescue Dawn dari ketiga film yang saya sebutkan tadi.

Film sendiri bersetting ketika perang Vietnam, Dieter Dengler (Christian Bale) seorang pilot angkatan udara Amerika diberikan sebuah misi rahasia bersama 2 orang pilot lain untuk menyerang musuh, ketika melaksanakan misi, pesawat Dieter tertembak dan jatuh, namun Dieter berhasil menyelamatkan diri dan berlari dari kejaran musuh ke dalam hutan. Ketika sedang berusaha mencari bantuan, Dieter tertangkap pasukan Vietkong dan dibawa ke desa setempat. Dieter disiksa oleh mereka tanpa rasa ampun, dari mulai tidak diberi makan, diikat kaki dan tangannya, digantung terbalik, ditenggelamkan bahkan ditarik oleh seekor kerbau. Dieter akan dibebaskan jika dia mau menandatangani sebuah surat yang jika dia menandatangina berarti dia telah berkhianat kepada negaranya, namun dia menolak. akhirnya dia dibawa ke desa lain, selama perjalanan dia memperhatikan cara pasukan Vietkong mempertahankan diri di hutan.


Dieter pun di bawa ke sebuah tempat pengasingan, disana dia bertemu dengan tawanan lain, 2 orang Amerika dan 3 orang Asia yang bekerja untuk Amerika. Ternyata mereka sudah lama berada disana, bahkan ada yang sudah 2 tahun. Mereka pun menjalani hari yang menyiksa disana, makan hanya seadanya, tidur di sebuah pondok dengan kaki yang dipasung. Mereka semua hanya bisa pasrah, tapi tidak demikian dengan Dieter. Dia berencana untuk melarikan diri suatu hari nanti dengan bantuan dari teman-temannya itu. Dengan sabar mereka melaksanakan rencana Dieter, dari mulai menyimpan nasi yang seharusnya mereka makan untuk bekal nanti ketika di hutan, merencanakan untuk mengambil senjata musuh, membuka pasung mereka, membuat lubang di pondok dan lain-lain.

Tibalah saat mereka melarikan diri, dan mereka berhasil meskipun Dieter dan seorang temannya, Duane (Steve Zahn), dikhianati oleh yang lain. Akhirnya mereka melanjutkan misi menyelamatkan diri hanya berdua. Penderitaan mereka tidak berakhir disana, hanya berbekal 2 buah senjata, golok dan nasi yang merka simpan, mereka mencoba untuk mencapai sungai dan menuju Thailand. Namun ternyata tidak semudah yang mereka kira. Hujan besar, longsor, hingga kumpulan lintah harus mereka hadapi hingga akhirnya Duane merasa tidak sanggup lagi. Dieter tak mau meninggalkan Duane, dia berinisiatif untuk membakar sebuah pondok kecil agar pesawat Amerika yang sedang patroli melihatnya. Tapi malah tembakan yang bertubi=tubi yang diterima Dieter dari pasukan itu. Dan akhirnya mereka melanjutkan perjalanan mereka untuk survive dari hutan tersebut. Berhasilkah mereka?


Film yang berdasarkan kisah nyata ini memang tidak sesukses film Bale yang sebelumnya seperti American Psycho (2000), The Machinist (2004) dan Batman Begins (2005), namun film ini mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film. Salah satu Film survival yang banyak menghadirkan drama dan konflik di dalamnya terutama antara sosok Dieter yang tak kenal menyerah dan Duane yang sering merasa pesimis.

Overall, Rescue Dawn memang tak sebrilian 127 Hours dari segi survivalnya, namun Rescue Dawn memiliki tema yang menarik dari film survival lain, yakni bertahan hidup dalam hutan yang sedang dalam konflik perang Vietnam. Ditambah anda akan kembali menyaksikan sosok Trevor Reznik disini, meskipun tak terlalu terlihat seperti zombie (yang sudah menonton The Machinist pasti ngerti). Recommended bagi yang menyukai tema survival.



 
 Rate: 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar